Pesona Wisata Curug Nyandung Kuningan Jawa barat

Pesona Wisata Curug Nyandung Kuningan Jawa barat
Curug Nyandung​ terletak di suatu pedesaan yang tersembunyi. Jadi jika kamu yang bukan warga sekitar desa kamu tidak akan tau tempat ini. Tidak hanya itu tempat wisata​ ini juga masih dalam pengajuan ke dinas pariwisata. Jadi tempat ini masih sterill.
Curug Nyandung terletak di  suatu pedesaan yang tersembunyi. Jadi jika kamu yang bukan warga sekitar desa kamu tidak akan tau tempat ini. Tidak hanya itu tempat wisata ini juga masih dalam pengajuan ke dinas pariwisata. Jadi tempat ini masih sterill. Jarang ada pengunjung yang kemari. Curug ini berada di Dusun Ciawitali, Desa Cimenga, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.
Fasilitas Curung Nyandung
Pesona Wisata Curug Nyandung Kuningan Jawa barat
Karena belum adanya perizinan dari dinas pariwisata, Curug ini masih dikelola desa.  Jadi masih minim fasilitas. Kalau hanya sekedar kamar mandi masih ada. Area parkir juga  cukup luas. Ada beberapa warung makanan yang ada didaerah sekitar Curug, namun fasilitas yang lainnya masih belum ada.

Keindahan dan Mitos Curug Nyandung

Pesona Wisata Curug Nyandung Kuningan Jawa barat
Curug Nyandung ini sangat indah, karena curug ini tidak hanya ada satu, namun terdiri dari 3 Curug yang berdampingan. Ketinggian dari Curug ini sekitar 25 meter. Curug ini dikelilingi dengan pepohonan-pepohonan yang hijau dan indah. Bebatuan yang bejajar dekat dasar Curug ini menambah keindahan Curug ini. Bukan itu saja air yang berada di Curug ini sangatlah jernih dan segar. Jadi kamu bisa menikmati kesegaran dan kejernihan air Curug ini.
Selain Keindahan yang ditawarkan Curug ini memiliki Mitos yang cukup menarik. Seperti yang saya jelaskan nama Curug Ini adalah Curug Nyandung. Yang artinya Air terjun Poligami. Kenapa diberi nama Poligami karena air terjun ini terdiri dari 3 curug, yang masing-masing dari sumber air yang berbeda. Curug yang berada ditengah-tengah  memiliki aliran air yang deras dibandingkan dengan keduannya. Dan Curug yang berada ditengah ini disebut sebagai laki-lakinya, dan untuk kedua Curug yang berada  disamping kanan dan kirinya adalah perempuannya.
Konon katannya jika ada sesorang ingin poligami maka kamu harus meminum air yang berada ditengah-tengah ini. Jadi akan lebih mudah untul Poligami. Namun sebelum bernama Curug Nyandung, Curug ini bernama Curug Tilu.
Karena agar lebih menarik wisatawan maka nama Curug Tilu diganti dengan Curug Nyandung.  Entah benar atau tidaknya namanya juga mitos. tetapi menurut saya , poligami tidak baik. Jadi untuk para Ibu-Ibu jika suami anda tiba-tiba mengajak ke tempat wisata ini dan meminum air yang berada ditengahnya. Maka patut dicurigai. hehehe
Hunting Foto di Curug Nyandung
Tempat ini sangat cocok untuk hunting foto.  Air terjun yang jernih dan indah dengan pepohonan yang hijau akan membuat foto kamu terlihat cantik dan menawan.  kamu juga bisa mengambil foto dibebatuan yang ada disekitar curug ini. Curug ini berada di tengah-tengah sebuah desa.
Kamu juga bisa mengambil foto dengan suasana pedesaan yang tenang , indah dan tentram.  Kamu juga bisa berfoto di jalan menuju tempat ini. Karena kamu bakal disajikan denga pohon-pohon hijau, rumput-rumput liar yang hijau dan cantik. Derasnya air terjun yang turun dari atas kebawah membuat siapa saja yang foto dengan menggunakan latar belakangnya seakan-akan terlihat mempesona dan eksotis. Saya yakin tempat ini akan menjadi tempat Hunting Foto yang Baik.
Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Nyandung

Karena belum adanya perizinan dari dinas pariwisata, tempat wisata ini belum mengenakan tarif masu. Jadi adanya hanya biaya parkir yang sebesar Rp 5000 saja. Jam buka dari tempat ini adalah 24 jam dan setiap hari. Karena memang belum adanya pengelolaan yang baik.
Tips Liburan ke Curug Nyandung

Tips Liburan ke Curug Nyandung dari saya adalah pertama kamu harus siapkan fisik. Karena kamu akan berjalan kaki dari tempat parkir menuju lokasi Curug dan perjalanan ini selama 20 menit. Tidak hanya itu jangan memakai sepatu yang tinggi dan sandal yang licin. Karena kamu bisa terpleset. Jangan lupa membawa makanan, mungkin saja selama perjalanan menuju lokasi kamu lapar. Karena tempat wisata ini tidak menyediakan fasilitas warung makanan. Kamu hanya akan menjumpai satu atau dua warung makanan ketika perjalanan.
Siapkan kamera agar dapat mengabdikan momenmu disana serta bawalah tongsis biar bisa dibuat foto rame-rame.  Tidak hanya itu bawalah baju pengganti jika kamu ingin bermain basah-basahan di air terjun. Jika tidak bawalah payung agar jika kamu bermain dibawah air terjun tidak terkena cipratan air terjun.

nasur_

Penulis fixsi, novel, cerita mini, dan lain lain. hobby putsal dan bermain mobile legend, kalo tidak ada kegiatan ya saya fokus tidur dan menikmati senja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *