Mengenal Site Musium Taman Purbakala Cipari Kuningan “Wisata Sambil Belajar”

Mengenal Site Musium Taman Purbakala Cipari Kuningan “Wisata Sambil Belajar”

Sambil tempat wisata terbaru yang harus kamu kunjungi di kuningan jawa barat ini, site musium purbakala cipari kuningan juga salah satu tempat untuk belajar, belajar dari benda benda purbakala. kamu bisa mengajak keluarga teman sahabat kesini. ayo mengenal sejarah dan site musium taman purbakala cipari muningan.

Perlindungan dan pelestarian benda cagar budaya atau situs sangat penting karena benda cagar budaya atau situs menurut ketentuan undang undang no.5 tahun 1992 tentang benda point a. Menyatakan sebagai berikut: “Benda cagar budaya merupakan kekayaan budaya yang sangat penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejerah ilmu pengetahuan, dan kebudayaan sehingga perlu dilindungi dan diliestarikan demi pemupukan kesadaran jati diri bangsa dan kepentingan nasional”

Benda cagar budaya mempunyai arti benda buatan manusia yang bergerak atau tidak bergerak yang berupa kesatuan atau kelompok atau bagian bagianya, atau sia sianya yang berumur sekurang kurangnya 50 tahun dan dianggap memiliki nilai penting bagi sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Dengan perlindungan dan pelestarian benda cagar selaku suatu bangsa dan negara yang dapat dikembangakan menjadi tempat study (belajar), merupakan asset objek dan daya tarik wisata budaya nasional,sekaligus akan terjalin persahabatan dan kedamaian anatar bangsa dan antar suku yang diciptakan melalui benda cagar budaya.

                              Site Musium Taman Purbakala Cipari Kuningan

Letak geografis

Site museum taman purbakala cipari dengan luas 7.000m² terdiri dari dua lokasi taman yaitu yang dikelilingi tembok batu setinggi 2M yang luasnya 2.500m²dan sisanya tempat parker dan halaman lainnya berikut rumah jaga.

Site museum purbakala cipari berada dilingkungan kelurahan cipari kecamatan cigugur, kab kuingan prov. Jawa barat, dengan ketinggian dari permukaan laut 661M , berada di bawah kaki gunung ciremai, jarak dari ibu kota kuningan 4 Km dan jarak dari kota Cirebon 35Km dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Sejarah Singkat

Situs cipari sekarang lebih di kenal dengan site musium taman purbakala cipari kuningan yang semula adalah tanah milik bapak wijaya berikut milik beberapa warga masyarakat lainnya.
Semula pada permukaan tanah tidak nampak adanya monumen monumen maupun arteopak yang bercirikan kepurbakalaan.
Pada tahun 1971 bapak wijaya menemukan jenis batuan yang mirip dengan batu yang pernah di pamerkan di gedung paseban tri panca tunggal cigugur. dan informasi itu di teliti oleh bapak p.djatikusumah dengan mengadakan penggalian percobaan, dan menghasilkan sebuah peti kubur batu, kapak batu, gelang batu dan gerabah.
Penemuan ini di laporkan ke lembaga purbakala dan peninggalan nasionala di jakarta, dan selanjutnya lembaga peninggalan purbakalna nasional mengadakan puenelitian dan penggalian yaitu:

1.Pada tahun 1972 penggalian percobaan dengan tujuan penyelamatan
2.Pada tahun 1975 kegiata penggalian total
3.Pada tahun 1976 Pembangunan Site Musium Taman Purbakala Cipari
4.Pada Tanggal 23 Febuari 1978 diresmikan oleh mentri pendidikan dan kebudayaan porf.dr.syarifthayeb.

Jenis Jenis Benda Cagar Budaya Site Musium Taman Purbakala Cipari

1. KAPAK BATU7. HEMATIT13. KEKEB
2. GELANG BATU8. BATU BAHAN14. DELEMPAK (LAMPU)
3. KAPAK PERUNGGU9. BULATAN TANAH15. BAKOR
4. GELANG PERUNGGU10. KENDI16. CANGKIR
5. LUMPANGAN BATU11. PENDIL17. TEMPAT SAYUR
6. BATU OBSIDIAN12. JEMBARAN

Monumen Di Luar Museum :

1. PETI KUBU R (INSITU)4. BATU TEMU GELANG
2. ALTAR BATU (PUNDEN BERUNDAK)5. MENHIR
3. DOLMEN6. DAKON

Foto-foto di taman purbakala cipari kuningan

Gerbang masuk site musium taman purbakala cipri kuningan jawa barat

site musium purbakala cipari kuningan, foto ini dari musium luar.

Lingkungan musium taman purbakala cipari

Baca Juga:
5 Tempat Wisata Terbaru Di Cirebon Untuk Uplod di INSTAGRAM
10 Tempat Wisata Kuningan Terbaru di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi
5 Tempat Ngopi Yang Nikmat Di Kuningan

cugu

Nama Saya Cucu Gunawan senang dengan dunia tulis menulis, bagi saya menulis adalah kegiatan yang menyenangkan bisa mengarang bisa mencurahkan dan juga , dari kata aku belajar untuk di jadikan makna , dan dari jari jemari aku meluapkannya. LULUSAN STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN Angkatan 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *